Cara Membersihkan Sofa Agar Selalu Terlihat Bersih

Cara Membersihkan Sofa agar Selalu Terlihat Bersih

Membersihkan sofa menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga penampilan dan performa sofa Anda. Seiring berjalannya waktu, sofa dapat menumpuk debu, kotora, dan noda sehingga akan terlihat kusam dan tidak terlihat indah. Dalam artikel kali ini, Lovise akan membahas mengenai cara efektif untuk membersihkan sofa dan menjaga kondisi sofa agar tetap terlihat bersih.

Sehari bersantai bersama keluarga di sofa, apakah Anda yakin kursi yang diduduki bersih tanpa debu?

Faktanya, sofa sangat rentan kotor oleh noda atau debu. Bahkan, kotoran lain pun bisa masuk ke dalam serat kain sofa tanpa kita sadari. Maka meski sofa Anda terlihat bersih-bersih saja, besar kemungkinan kotoran atau debu pada bagian dalam sofa sudah banyak sekali.

Membersihkan sofa memiliki trik tersendiri tergantung pada bahan pelapis sofa yang melekat pada busanya. Dalam artikel kali ini, Lovise akan membahas mengenai cara efektif untuk membersihkan sofa dan menjaga kondisi sofa agar tetap terlihat bersih.

Cara Membersihkan Sofa Agar Selalu Terlihat Bersih

Sikat kain pelapis busa

Bersihkan dahulu setiap lapisan kotoran yang melekat pada sofa menggunakan sikat berbulu. Sehingga, kotoran seperti serpihan makanan, rontokan rambut, atau bulu binatang terangkat maksimal. Dahulukan membersihkan wilayah sofa yang paling rentan terkena kotoran, yaitu sandaran kepala dan sandaran lengan.

Gunakan alat penyedot debu

ntuk menghilangkan sebanyak mungkin serpihan debu dan kotoran yang menyelinap melalui sela-sela serat pelapis, bersihkan sofa dengan vacuum cleaner. Perhatikan ujung pembersih, hindari yang permukaannya keras karena bisa merusak sofa beserta pelapisnya. Gunakan ujung yang tidak terlalu kasar, misalnya sikat lembut (soft brush).

Bersihkan semua area

Cek material pelapis, lalu pilih pembersih yang sesuai. Selain pada pelapis sofa dari kulit, Anda bisa menggunakan air sabun dan lap microfiber untuk membersihkan. Sapukan dengan lembut dan biarkan cairan pembersih meresap sampai ke lapisan kotor di dalamnya. Ingat, jangan menggunakan terlalu banyak air karena hanya akan merusak bahan pelapis
sofa.

Mengeringkan sofa setelah Anda bersihkan

Sebagian orang menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bahan pelapis sofa. Tapi, cara terbaik adalah mengeringkan secara alamiah dengan cara dianginkan dan dijemur. Jika tak memungkinkan, cukup Anda anginkan di dalam ruangan dengan membuka jendela rumah lebar-lebar.

Sofa berbahan kulit

Bagaimana jika bahan pelapis sofa terbuat dari kulit? Tentu cara membersihkannya tidak sama dengan pelapis sofa dengan material lain. Untuk pelapis sofa tipe ini, hindari penggunaan air karena bisa merusak materialnya. Cara paling baik adalah dengan uap alias steam cleaning, dibantu cairan pembersih khusus seperti saddle soap (sabun khusus untuk kulit). Selain melembapkan kulit pelapis sofa, ini juga akan mencegah kulit pelapis pecah-pecah.

Membersihkan sofa secara teratur adalah cara sederhana namun efektif untuk menjaganya agar tetap terlihat bersih dan memperpanjang masa pemakaiannya. Dengan mengikuti petunjuk cara membersihkan sofa yang tepat, Anda dapat mempertahankan ruang tamu yang bersih dan mengundang sekaligus memastikan kesehatan dan umur Anda.

Temukan berbagai informasi mengenai perawatan sofa dan furniture lainnya hanya di website lovisesofa.com. Dapatkan berbagai inspirasi menata ruangan pada laman instagram resmi kami @lovisesofa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *