Rangkaian Selebrasi Menjadi Ibu Sehat dalam Festival Ibu – Lovise x Halo Ibu

ADA APA DENGAN PEREMPUAN DAN IBU HARI INI? Rangkaian Selebrasi Menjadi Ibu Sehat dalam Festival Ibu - Lovise x Halo Ibu

Ditulis Oleh: Azaro Verdo Nuary

JURANG ANTARA STRES DAN KEBAHAGIAAN

Menjalani peran sebagai seorang perempuan, terutama ibu, bukanlah hal yang mudah. Ibu bekerja dan ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab besar terhadap keluarga. Ibu yang menjalani dua peran tersebut rawan mengalami gangguan kesehatan mental, mulai dari kondisi psikologi, sosial, hingga biologis. 

Depresi sebagai masalah kesehatan mental menjadi isu serius yang tidak boleh terabaikan. Kesehatan mental ibu saat kehamilan dan pascakelahiran menjadi titik rawan karena ibu mengalami transisi peran publik ke peran domestik. Depresi sebagai masalah kesehatan mental menjadi isu serius yang tidak boleh terabaikan, arena kondisi ibu mempengaruhi kondisi keluarga, termasuk pola asuh dan tumbuh kembang anak. Lantas, hal apa yang bisa kita lakukan untuk minimal menyadari bahwa ibu juga adalah seorang manusia yang wajar mengalami hal-hal tersebut?


FESTIVAL IBU : Rangkaian Selebrasi Menjadi Ibu Sehat dalam Festival Ibu – Lovise x Halo Ibu


Lovise secara konsisten mengusung tema-tema perempuan, dan mendukung gerakan sederhana dan produktif yang berkaitan dengan perempuan. Kali ini Lovise bekerja sama dengan Halo Ibu dalam event Festival Ibu. Terdapat beragam aktivitas menarik dalam acara ini, dengan fokus utama adalah kesehatan mental dari seorang ibu. Contohnya ada agenda Mom’s Corner dan Lingkaran Ibu. Agenda ini membuat ruang yang cukup luas untuk dapat berbagi suka cita, maupun tantangan, yang dialami oleh para perempuan, khususnya seorang ibu, dan kemudian dibagikan untuk dapat ditanggapi oleh para perempuan juga.

Agenda yang menjadi substansi utama dalam Festival Ibu adalah agenda Talkshow bersama 3 narasumber. Bersama Ashtra Dymach (founder Halo Ibu), Andien Aisyah (Penyanyi & Musisi), dan dr.Ridwan,Sp.OG sebagai profesional yang memberikan sudut pandang dari sisi kedokteran maupun sebagai seorang suami dan penyeimbang topik obrolan. Talkshow yang berjudul “Non Judgemental Support For Mothers” ini memiliki subjudul “the Importance of Maternal Mental Health”. Mengapa talkshow ini menarik? Para pembicara dalam acara Festival Ibu, menceritakan pengalaman personal yang ditarik menjadi isu besar dan menjadi trigger utama dalam membahas topik utamanya.

 

Talkshow – Suplemen Bernutrisi Untuk Pengetahuan Seorang Ibu dalam agenda Festival Ibu


Ashtra Dymach menceritakan tentang pengalaman historikalnya mendirikan komunitas Halo Ibu. Ia berkata “Ini bermula saat saya mengalami Postpartum Depression (PPD), tapi belum banyak komunitas untuk saling berbagi pengalaman dramatis setelah jadi seorang ibu. Ibu hanya membutuhkan tempat bercerita dan mendapatkan dukungan yang cukup. Semenjak jadi ibu, banyak hal terjadi pada ibu. Status, kebebasan, tubuh, tanggungjawab, dan sebagainya. Ibu bisa kok untuk berhenti sejenak, memberi jeda dan menjaga dirinya stay happy untuk menjalani peran ibu dengan bahagia.”


Setelah Ashtra bercerita, Dokter Ridwan juga menanggapi dengan memberikan poin bahwa peran suami dari ibu hamil hingga melahirkan itu penting sekali. Ia mengungkapkan bahwa di Indonesia itu masih banyak suami yang kurang aware dengan kondisi kehamilan istri. “Yah, sesimpel nganterin periksa ke dokter/bidan itu udah cukup mensupport kok bagi seorang istri yang sedang hamil.” katanya.


Tidak berhenti sampai di situ, Dokter Ridwan juga tidak pelit ilmu. Ia membahas tentang Gentle Birth, lalu gejala PPD (Postpartum Depression). Lalu, audiens mendengarkan bagian Andien bercerita tentang kesehariannya menjadi seorang Ibu, apa ketakutannya saat pertama kali hamil dan merasa tidak siap untuk menjadi ibu, sampai berbagi tips bagaimana cara Andien menghadapi Burn Out menjadi seorang ibu.


Moms, YNWA!

Satu hal yang disorot dalam agenda ini, bahwasannya para perempuan hari ini mesti saling mendukung satu sama lain. Bahwa perempuan, terutama seorang ibu, harus meyakini bahwa ia tidak berjalan sendirian. You Never Walk Alone (YNWA) sebagai mantra suporter klub bola raksasa Liverpool juga turut menghiasi dan diadopsi menjadi paradigma berpikir yang positif dan harus dirayakan. 


Ada banyak pengetahuan dan informasi yang berseliweran dalam agenda-agenda yang ada di Festival Ibu, ada pameran seni, bazaar, seru sekali. Dan saat lelah menghampiri, sofa minimalis Lovise selalu bersiaga untuk menjadi tempat beristirahat yang nyaman.

TENTANG LOVISE EVERYWHERE

Rangkaian Selebrasi Menjadi Ibu Sehat dalam Festival Ibu - Lovise x Halo Ibu

Lovise adalah merek lokal sofa minimalis yang berbasis di Yogyakarta. Selain menyediakan beragam jenis sofa minimalis untuk berbagai gaya ruang, Lovise juga memberikan andil lewat beragam kampanye positif yang mendukung perempuan, termasuk seorang ibu.

Banyak hal menarik yang patut untuk diikuti jika melihat titik pijak awal Lovise berdiri. Sejak 2017, Lovise sudah sering mengadakan momen interaksi melalui event, dukungan rangkaian acara, hingga membagikan cerita di toko tentang apa-apa saja yang sudah dilalui. Penulis menganggap sebagai merek sofa, ada banyak bentuk komunikasi yang cukup kreatif, dan menarik untuk diikuti. Contohnya, Lovise Everywhere. Lovise menggunakan medium sofa sebagai media untuk menyampaikan ekspresi dan sebagainya dengan cara dicoret-coret oleh pengunjung dan masyarakat sekitar, lalu sofa tersebut menjadi semacam monumen atas peristiwa-peristiwa yang mungkin bisa saja terlupakan begitu saja. Hal tersebut adalah simbol seorang perempuan, seorang ibu, yang mendengarkan keluhan, melihat pertumbuhan, sekaligus menjadi wadah untuk pertumbuhan lingkungan sekitarnya.

Editor : Petra Radyaning Bestari

SEO : Hanenda Devin Kumalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *