5 Tips Membersihkan Sofa Dengan Bahan Kain Yang Benar

Tips membersihkan sofa seolah menjadi furniture wajib yang sering kita jumpai di setiap rumah. Ada banyak pilihan sofa di pasaran yang kita jumpai, mulai dari Sofa Bed, Sofa L, Sofa 1 Seater dan Sofa 2 Seater. Meskiupun ada banyak pilihan material sofa, namun sofa berbahan kain termasuk yang banyak digemari karena lembut dan bersih.

Namun, tentu saja jika tidak mendapatkan perawatan khusus sofa bisa menjadi tidak awet dan terlihat kusam. Oleh sebab itu, sofa harus selalu dirawat dan dibersihkan dengan rutin jika tidak ingin menjadi sarang jamur.

Bagaimana Cara Membersihkan Sofa Dengan Bahan Kain yang Benar?

Seringkali sofa berbahan kain dilapisi oleh sarung pembungkus sofa yang dapat dilepaskan dengan mudah ketika ingin membersihkannya. Akan tetapi, ada pula yang tidak dilapisi sarung pembungkus, karenanya harus lebih telaten lagi membersihkannya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sofa berbahan kain, diantaranya :

  1. Vacuum Cleaner

Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu, jika sofa bahan kain terkena debu atau tumpahan makanan. Namun, pastikan vacuum cleaner yang kamu pakai khusus penggunaannya untuk sofa berbahan kain. Silahkan membersihkannya satu arah, baik arah horizontal maupun vertical.

Kemudian kamu bisa menyedot debu atau kotoran memakai kekuatan vacuum yang ringan. Lakukan pembersihan dengan perlahan sampai bagian-bagian sudut pada sofa benar-benar bersih karena debu menghilang sempurna.

  1. Cairan Pembersih

Biasanya kotoran dalam sofa kain karena debu atau kotoran yang menempel. Akan tetapi, jika tidak pernah kamu bersihkan atau kamu biarkan begitu saja akan ada noda menempel pada sofa kesayangan.

Untuk membersihkannya bisa memakai cairan pembersih, dari deterjen cair dan cuka. Kamu bisa menemukan bahan-bahan tersebut di supermarket. Langkah pembersihannya tentu berbeda.

Apabila memakai cuka, cukup dengan meneteskan cuka saja ke permukaan sofa. Lalu biarkan beberapa saat dan bersihkan memakai sabun. Sementara, jika memakai deterjen bisa dengan air hangat supaya pembersihan lebih sempurna.

  1. Air Sabun

Air sabun juga dapat kamu jadikan sebagai media untuk membersihkan sofa berbahan kain. Pakai sikat yang halus dan lembut saat membersihkan noda atau kotoran pada sofa. Namun ingat, jangan sampai sofa kain terlalu basah. Sebab air sabun nantinya akan meresap pada bantalan sofa.

Jadi, hanya perlu mengusapkan air sabun secara menyeluruh dan biarkan beberapa lama. Baru kemudian kamu keringkan memakai kain lap yang bersih dan lembab.

  1. Tisu Basah

Sebenarnya tisu basah tidak hanya untuk membersihkan bayi, tetapi juga bisa pembersih pada sofa kain. Jika sofa kain terkena tumpahan dari minuman maka sangat mudah membersihkannya memakai tisu basah.

Kandungan tisu basah yang lembut, tentu saja tidak merusak bahan kain pada sofa. Jika sudah memakai tisu basah untuk membersihkan sofa, maka biarkan terlebih dahulu sofa kain mengering.

  1. Pasta

Kamu juga bisa memakai pasta jika ingin membersihkan kotoran pada sofa. Silahkan cari atau beli pasta di toko peralatan untuk kebersihan rumah. Untuk mengaplikasikanya hanya perlu mempersiapkan semprotan dan kain lap.

Kemudian semprotkan pasta tepat di atas permukaan pada sofa kain. Setelah itu, biarkan sebentar supaya kotoran terangkat dan usapkan memakai kain lap.

Dengan melakukan perawatan rutin dan membersihkan sofa dari kotoran yang menempel, maka sofa tetap tahan lama dan selalu terlihat baru.

Jika kebetulan sedang mencari sofa sudut atau sofa L, kami punya rekomendasi produk sofa Lovise dari Sofa Sudut Vernanda yang siap memberikan kenyamanan sempurna saat-saat santai bersama keluarga. Sofa kain ini melengkapi bantalan busa tebal yang memberikan kenyamanan tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *